Peristiwa dan Sejarah Penting Dunia Pada Tanggal 19 Agustus

Katashare.com - Usai sudah perayaan sejarah penting yang negara Indonesia. Agustus memang manjadi bulan yang sangat bersejarah bagi indonesia. setelah berabad-abad dijajah, Indonesia akhirya bisa menikmati indahnya kemerdekaan di bulan Agustus. Tepat 17 agustus atau 2 hari yang lalu, masyarakat Indonesia mengenang kemerdekaan dengan penuh suka cita. sudah menjadi budaya Indonesia yakni merayakan kemerdekaan dengan berbagai perlomban, atau perayaan yang lainnya dengan meriah. 

Peristiwa dan Sejarah Penting Dunia Pada Tanggal 19 Agustus

namun setiap negara, bangsa, kelompok, atau pribadi seseorang pasti memiliki hari bersejarah masing-masing. Berikut beberapa hari penting dan bersejarah yang dapat di tanggal 19 Agustus 2015. 

1. Kudeta Pemerintahan Mushaddieq di Iran

Peristiwa penting yang pertama yang terjadi pada tanggal 19 Agustus adalah turunnya rezim Dr. Mushaddieq di Iran. Penggulingan ini ditandatangani oleh CIA yang bekerjasama dengan Inggris. Dengan memanfaatkan polemik yang terjadi antara rakyat iran pada saat itu dengan para politisi yang menduduki jabatan pemerintahan, Syah Muhammd Reza Pahlevi yang sebelumnya sempat melarikan diri ke Italia akhirnya kembali menduduki kekuasaanya di Iran.

Sebelum terjadinya pnggulingan Mushaddieq sebagai penguasa Iran, rakyat musli sejatinya sudah menghentikan penguasaan inggris atas industri minyak dan menasionalisasikan industri tersebut. Namun akibat adanya perpecahan yang terjadi antara kaum rohaniawan dan para pimpinan elit pemerintahan maka terjadilah konfrontasi yang kemudian dimanfaatkan oleh bebrapa pihak. Dalam situasi tersebut, ada sekelompok preman yang etroganisir dengan baik menyerang kota-kota dan pusat pemerintahan Iran. Sehingga pada taggal 19 Agustus seorang perwira Pro-AS yang bernama Zahedi mengumumkan jatuhnya rezim Mushaddieq dan kemudian mengangkat Syah Muhammd Reza Pahlevi sebagai perdana mentri yang baru dengan menggunakan radio.

Pada era kepemimpinan Syah Muhammd Reza Pahlevi, masyarakat iran sangat menderita karena ia menerapkan politik yang sangat menekan masyarakat pada saat itu. 

2. Jatuhya Taiwan ke Jepang

Peristiwa penting yang kedua yang terjadi pada tanggal 19 Agustus adalah jatunya Taiwan ke tangan Jepang. Sepertinya tidak hanya Indonesia yang pernah merasakan dijajah Jepang. Ternyata Taiwan juga pernah merasakannya, puncaknya terjadi pada tanggal 19 Agustus 1936. Cina telah kalah saat perang melawan tentara Jepang, akibatnya Cina harus merelakan salah satu daerah kekuasaanya yakni pulau Taiwan dikuasai Jepang. Namun penguasaan Jepang atas Taiwan akhirnya kembali direbut Cina pada saat perang dunia ke dua terjadi. 

3. Terbunuhnya Fedriko Garcia Lorca 

Bagi anda yang suka terhadap karya sastra dn sair, maka anda pasti kenal denga yang namanya Fedriko Garcia Lorca. Dia adalah penyair dan seorang dramawan terkenal asal Sapnyol. Ia dilahirkan pada tahun 1899 dengan karya sair fenomenalnya yang berjudul "Pengantin Darah" dan “Syair New York”. Lorca adalah sosok yang mendukung partai republik. Namun ia malah mati mengenaskan akibat dibunuh oleh kaum pemberonak saat perang internal terjadi. kematiannya terjadi tepat pada tanggal 19 Agustus 1936.

4. Hari Hari Departemen Luar Negeri Indonesia

Hari ini kementrian luar negri merayakan ualng tahunnya yang ke 70. Ya, hari ini tanggal 19 agustus tepat 2 hari setelah Hari kemerdekan Indonesia merupakan hari dimana kementrian luar negri di buat. Berdirinya Kementrian Luar Negri atau dahulu disebut depertemen Luar Negri tidak terlepas dari sejarah Kemerdekaan Indonesia. Setelah merdeka, Maka beberapa ornamen lemabaga kenegaraan segera dibuat dan salah satunya adalah Depertemen Luar Negri tepatnya dibuat aada tanggal 19 Agustus 1945 dengan bapak Mr. Ahmad Soebardjo Djojohadisurjo sebagai Menteri Luar Negeri pertama Republik Indonesia. Sampai sekarang lembaga pemerintahan ini masih ada namun sudah berganti nama menjadi Kementrian Luar Negri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peristiwa dan Sejarah Penting Dunia Pada Tanggal 19 Agustus"

Post a Comment