Tips Ampuh Merawat Luka Ringan

Katashare.com Tips Ampuh Merawat Luka Ringan. Seseorang pasti pernah mengalami atau mendapatkan luka ringan dibagian tubuh. Luka ringan dapat disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin tidak pernah Anda duga. Seperti terjatuh, terkena benda tajam, benda panas dan lain sebagainya.

Tapi kebanyakan orang selalu mengabaikan luka ringan. Padahal walaupun luka ringan, jika tidak segera diobati dapat menyebabkan infeksi atau mungkin bisa lebih parah lagi. Berikut ini pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan jika mendapatkan luka ringan.

1. Cucilah segara dengan air bersih yang mengalir ketika Anda mendapat luka ringan. Kemudian berilah alkohol atau antiseptik secukupnya sebelum Anda menutupnya dengan perban atau plester.

2. Jangan terlalu rapat menutup lukanya. Karena ini dapat menyebabkan tidak adanya pergantian udara pada luka tersebut, sehingga luka tidak cepat kering.

3. Jika terlanjur bernanah, jangan tutup dengan plester atau diberi salep. Lakukanlah pengkompresan dengan menggunakan rivanol.

katashare.com-tips ampuh merawat luka ringan


4. Basuh luka dengan menggunakan peroksida. Ini dapat bermanfaat untuk mematikan kuman yang ada pada luka tersebut.

5. Jangan lapisi dengan kapas. Karena kapas akan menempel pada luka yang masih basah dan dapat mengganggu kulit muda yang akan terbentuk.

6. Jangan terkena air. Usahakan saat mandi jangan sampai terkena air, ini membantu luka supaya tetap kering. Jika perlu ganti plester dan perbannya saja.

7. Bubuhkan kopi. Taburkan secara rata dan tipis diatas luka secara rutin. Karena kopi mengandung antibakteri yang sangat kuat yang dapat menyembuhkan luka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Ampuh Merawat Luka Ringan"

Post a Comment