Hindari Makanan Penyebab Perut Kembung

Katashare.comHindari Makanan Penyebab Perut Kembung - Pada Umumnya penyebab perut kembung bukanlah masalah yang sangat serius. Apa yang anda rasakan jika perut kembung? permasalahan ini yang menyebabkan anda kurang merasa nyaman. Janganlah anda menganggap perut kembung tidak akan menjadi masalah, Justru perut kembung bisa menjadi awal masalah pada kesehatan anda. Ada baiknya jika anda merasakan perut kembung sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apa penyebab permasalahan, cara mengatasi dan apakah akan ada dampak yang serius.

Penyebab perut kembung adalah makanan yang banyak mengandung gas tetapi makanan tersebut bukanlah makanan yang tidak baik untuk anda. Buktinya makanan tersebut banyak juga yang mengandung serat dan makanan tersebut termasuk makanan yang sehat.

Berikut beberapa makanan yang bisa membuat perut anda menjadi kembung.

  • 1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan termasuk makanan yang banyak mengandung serat tinggi dan mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi tubuh anda. Jika anda mengkonsumsi makanan ini dalam jumlah yang bnayak maka bisa menyebabkan terbentuknya gas. Bukannya anda tidak boleh mengkonsumsi kacang-kacangan, Karena banyak kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh, anda tetap diperbolehkan mengkonsumsinya tetapi janganlah terlalu banyak.

  • 2. Sayuran Kelompok Kubis

Sayuran yang sekelompok dengan kubis yaitu Brokoli, Kubis, Kol dan Kale. Makanan ini juga banyak mengandung serat yang tinggi yang sulit untuk di pecah dan bisa menyebabkan perut kembung. Tetapi kandungan yang ada dalam makanan ini berupa vitamin, mineral dan anti oksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Konsumsi lah makanan ini dengan cara tidak berlebihan karena makanan ini juga membantu pencernaan anda.


Hindari Makanan Penyebab Perut Kembung

  • 3. Minuman Bersoda

Banyak yang sudah tau minuman bersoda adalah salah satu penyebab perut kembung karena pada dasarnya sama saja anda minum bersoda adalah menelan udara. Banyak yang beranggapan bahwa sebagian gas sudah dikeluarkan melalui sendawa namun sebagian gas masih terjebak di dalam perut anda. 

  • 4. Makanan Berminyak dengan Tinggi Lemak

Banyak yang belum tahu kenapa makanan berminyak bisa menyebabkan perut kembung. Makanan dengan kadar minyak yang tinggi dapat menyebabkan perut kembung karena minyak dapat memperlambat kerja perut sehingga bisa menumpuk di dalam usus kecil. Mungkin anda menganggap tidak akan ada masalah dengan mengkonsumsi makanan berlemak tinggi , tetapi jika anda mengkmsumsi makanan banyak lemak juga memberikan efek dalam perut anda. Untuk solusinya yaitu atur konsumsi makanan anda janagn terlalu banyak mengandung minyak.

  • 5. Makanan Mengandung Pemanis

Mengapa makanan yang mengandung pemanis dapat menyebabkan kembung? makanan ini dapat menjadi masalah pada perut karena makanan tersebut tidak dapat di cerna dengan baik. Contoh dari makanan ini adalah permen karet bebas gula dan beberapa makanan lain yang rendah kalori.

  • 6. Susu dan Turunannya

Memang tidak semua orang yang mengkonsumsi susu merasakan kembung. Namun ketidak nyamanan ini bisa dirasakan oleh orang yang mmiliki intoleransi laktosa yaitu tidak mampu mencerna gula susu. lebih baik konsultasikan pada dokter agar anda tidak was-was jika mengkonsumsi susu. untuk orang yang memiliki intoleransi laktosa anda bisa konsumsi susu bebas laktosan atau juga konsumsi susu kedelai.

  • 7. Gandum

Gandum adalah salah satu makanan yang sehat karena kaya dengan serat, tetapi gandum juga dapat menyebabkan perut menjadi kembung apalagi anda konsumsi gandum di kombinasikan dengan pati dalam skala banyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari Makanan Penyebab Perut Kembung"

Post a Comment