Tips Ampuh Berhenti Merokok Dengan Cepat

Katashare.com - Tips Ampuh Berhenti Merokok Dengan Cepat - Berhenti untuk merokok adalah salah satu tindakan sadar yang bersifat positif. Banyak orang yang sudah mencoba untuk berhenti merokok namun kenyataanya ada yang berhasil dan banyak juga yang gagal. Memang tidak mudah untuk berhenti merokok tetapi harus penuh kesadaran akan bahaya merokok dan mulailah hidup sehat tanpa merokok. Sudah sangat jelas bahwa dampak dari merokok sangat berbahaya bagi tubuh, apalagi anda orang yang kecanduan akan merokok, selain merugikan tubuh juga merugikan ekonomi anda.

Tidak ada yang tidak mungkin bagi anda yang sudah mengalami kecanduan untuk berhenti merokok. Walau semua orang telah menganggap bahwa merokok sudah sama halnya dengan makan nasi. Bahkan jika diberi pilihan antara merokok atau nasi lebih memilih merokok ketimbang nasi. Maka bagi anda pecandu jika ingin berhenti merokok janganlah pesismis bahwa tidak bisa berhenti merokok. Sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan untuk berhenti merokok. Lalu Hal apa sajakah yang dapat membantu anda untuk bisa berhenti merokok? Maka ada baiknya mencoba tips berikut dari artikel ini tentang Tips Ampuh Berhenti Merokok Dengan Cepat




  • 1. Ketahui Semua Dampak Negatif Dari Merokok
Sangat banyak sekali dampak negatif merokok. Salah satu dampak negatif merokok yang sangat merugikan bagi tubuh anda yaitu dapat merusak paru-paru dan jantung anda. Jika anda masih belum mengetahui semua dampak negatifnya maka anda bisa meminta semua pendapat dari sekeliling anda misal saudara atau orang lain yang dekat dengan anda karena bisa menambah informasi yang mungkin saja bisa membuat mereka terganggu jika ada orang yang merokok di dekatnya. Dengan hal-hal tersebut maka kemungkinan bisa membuat anda lebih sadar jika ingin merokok.

  • 2. Tentukan Waktu Kapan Anda Akan Memulai Untuk Berhenti Merokok
Dengan membuat waktu kapan anda akan memulai untuk berhenti merokok sangatlah berguna karena dengan hal ini sama saja anda membuat perjanjian pada diri anda sendiri. Membuat waktu untuk berhenti haruslah sadar dengan mengingat seperti poin nomer 1 diatas. Anda bisa menuliskanya dengan teks yang besar  bahwa anda akan memulai berhenti merokok kapan waktunya. Misal contoh "Mulai Detik Ini, Tanggal Ini, Hari Ini ! Saya Berhenti Merokok". Anda bisa menempelkan teks tersebut di mana saja, bisa anda tempelkan di dalam kamar, tempat kerja, ruang tamu dan dimana saja biasa anda sering merokok.



  • 3. Memberitahu Kepada Orang Terdekat Bahwa Anda Berhenti Merokok
Dengan cara ini kemungkinan bisa membantu anda dalam proses berhenti merokok. Anda bisa memberitahukan kepada orang-orang terdekat atau keluarga bahwa anda ingin berhenti merokok dan bisa meminta dukungan atau meminta mengingatkan jika anda ingin berhenti merokok.

  • 4. Membuat Tulisan Kecil yang Mudah dibawa-bawa 
Anda bisa membuat tulisan kecil yang bisa anda taruh dimana-mana dengan tujuan untuk mengingatkan bahwa anda sedang memulai untuk berhenti merokok. Cara ini bisa anda lakukan dengan cara menaruh tulisan kecil dalam dompet untuk mengingatkan jika anda mengeluarkan dompet dan ingin membeli sebungkus rokok maka akan ingat. Anda juga bisa menuliskan dari bahaya paling ekstrim dari merokok atau juga dari hal-hal yang tidak anda sukai jika orang terdekat anda juga menjadi pecandu rokok contoh "Menyebabkan Kanker, Membunuhmu dengan Cepat, Tidak Ingin Anak Menjadi Perokok dan mash banyak yang bisa anda tuliskan untuk mengingatkan dan menghindari jika anda ingin merokok.

  • 5. Carilah Aktifitas yang Membuat Anda Selalu Sibuk
carilah kesibukan yang bisa menggantikan akivitas dimana waktu-waktu anda digunakan untuk merokok. Mulailah dengan mencari banyak kesibukan yang lebih intens agar benar-benar bisa membuat anda lupa untuk merokok. Banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan sebagai contoh jika anda merasa kekosongan waktu lakukanlah kegiatan seperti Berolahraga, Renang, atau juga berkerumun dengan orang tua dan anak-anak anda. Semakin banyak kegiatan positif yang anda lakukan, besar kemungkinan bisa membuat anda lupa akan merokok dan sedikit demi sedikit bisa meninggalkan rokok.

  • 6. Mulai dengan Pola Hidup Baru
Dengan kata-kata yang sederhana yaitu "Mulai dengan Pola Hidup Baru" bisa anda ingat selalu untuk meningkatkan rasa mood dalam diri anda. Anda bisa mengingat-ingat dengan kata-kata tersebut agar memberikan dorongan pada diri anda dan menambah rasa positif untuk meninggalkan hidup dengan merokok. Namun Sebagai contoh pola hidup baru bisa anda terapkan dengan cara yang lebih sehat. Contohnya mulailah dengan membersihkan diri anda, Rajin-Rajinlah Joging, Atau Rajin pergi ke tempat Gym. Dengan pola hidup baru bisa melupakan dari kegiatan negatif dan mulai dengan kehidupan baru yang lebih sehat.

  • 7. Memperbanyak Minum Air Putih
Dengan memperbanyak minum air putih besar kemungkinan bisa membuat anda lancar dalam menjalankan program berhenti merokok. Kebanyakan orang merokok karena keterbiasaan minum dengan sesuatu yang manis ataupun yang bisa merasakan enak untuk merokok. Anda akan berhenti merokok karena tidak ada rasanya jika merokok ditemani dengan segelas air putih. Maka untuk mencoba berhenti merokok mulailah meninggalkan minum minumann seperti minuman bersoda ataupun kopi yang bisa membuat ketagihan merokok dan diganti dengan perbanyak minum air putih. Manfaat air putih juga sangat banyak bagi kesehatan anda. Cara ini bisa membantu anda menjadi lebih sehat.

  • 8. Menyibukan Diri Setelah Makan
Banyak kegiatan yang biasa dilakukan banyak orang yaitu merokok setelah makan. Kebiasaan buruk ini harus anda hindari jauh-jauh. Jika anda sudah terbiasa dengan kegiatan setelah makan langsung memilih untuk merokok sebaiknya anda hindari jika memang benar-benar ingin brhenti merokok. Anda bisa melakukan hal lain setelah makan, seperti langsung menggosok gigi atau juga anda bisa langsung pergi ke tempat lain untuk jalan-jalan agar bisa melupakan kegiatan yang membuat anda ingin merokok setelah makan.


  • 9. Carilah Tempat Sehat Tanpa Asap Rokok

Jika sudah terbiasa dengan tempat yang penuh dengan asap rokok maka mulailah hindari tempat tersebut. Carilah tempat-tempat yang sehat tanpa asap rokok, seperti pergi ke tempat ibadah, Perpustakaan, atau ke tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan dan masih banyak tempat lain yang lebih positif dan tempat sehat tanpa asap rokok.

  • 10. Cari Benda Pengganti Rokok
Benda pengganti rokok sangat bisa membantu anda dalam menghindari rokok. seperti halnya menyibukkan diri dengan yang lain, anda bisa menggantikan rokok dengan permen karet. Menyibukan mulut anda dengan mengunyah permen karet dapat melupakan anda dari nikotin. Jika anda ingin mencari permen karet bisa mencarinya di toko-toko kesehatan, bahkan ada permen karet khusus yang bisa membantu anda untuk berhenti merokok.

  • 11. Tetap Berfikir Positif
Jika memang anda berniat untuk meninggalkan kebiasaan merokok maka mulailah dengan selalu berfikiran lebih positif. Janganlah menganggap semua usaha anda adalah pengorbanan. Namun anggaplah semua itu adalah hal-hal positif atau langkah untuk meniggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.

  • 12. Menghindar dari Orang yang Sedang Merokok
Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan menghindar dari orang-orang di sekitar anda yang sedang merokok. Karena semakin lama anda di dekat orang yang sedang merokok dapat menimbulkan rasa ingin merokok pula dan akhirnya anda gagal untuk berhenti merokok. Maka dengan mencari tempat yang bebas tanpa asap rokok bisa membantu anda menjauhkan dari orang-orang yang merokok.

  • 13. Buanglah Semua Rokok
Buanglah semua rokok yang anda punya adalah tindakan sangat positif yang bisa anda lakukan untuk berhenti merokok. jika memang niat dalam hati ingin brhenti merokok maka lakuakn hal ini dan janganlah menjadi pikiran karena membuang semua rokok anda. Selalu berfikir positif seperti yang dibahas di atas agar menjadi jauh dengan hal-hal yang berbau dengan rokok.

  • 14. Pertahankan Niat Berhenti pada Merokok
Pertahankan semua usaha anda dari menghindari keinginan untuk merokok dengan semua cara di atas. Selalu berusaha, berdoa dan meminta dukungan dari kerabat dan orang terdekat anda untuk selalu mengingatkan dari bahaya merokok.

Demikian dari beberapa tips yaitu Tips Ampuh Berhenti Merokok Dengan Cepat yang bisa anda coba. Semoga Bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Ampuh Berhenti Merokok Dengan Cepat"

Post a Comment