Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

katashare.com - Batuk atau Flu bisa datang kapan saja dan menyerah siapa saja, baik orang tua, orang dewasa dan anak-anak. Perubahan suhu pada musim hujan akan membuat bakteri dan virus berkembang, itulah salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan tubuh, salah satunya adalah batuk. Dan biasanya batuk akan memberatkan pada saat malam hari, apalagi udara yang dingin dan kering sehingga akan mengiritasi hidung dan tenggorokan.

Batuk sebenarnya dapat disembuhkan dengan penanganan sendiri, bisa menggunakan obat herbal atau obat khusus dokter. Berikut cara untuk meredakan batuk di malam hari:


Minum Teh Hangat dan Madu

Secangkir teh hangat dan madu dapat mengurangi lendir dan membuat saluran pernapasan lebih lembap. Madu juga berkhasiat untuk menekan madu. Lakukan cara ini sebelum tidur karena biasanya batuk akan datang pada saat kita akan tidur. Tambahkan 1 sendok teh madu kedalam secangkir teh hangat. Tetapi, jangan berikan pada anak dibawah 1 tahun. Karena akan menyebabkan infeksi botulism.


Minum Obat Batuk

katashare.com-cara meredakan batuk di malam hari


Minum obat batuk biasa menjadi solusi pertama yang orang lakukan jika sedang batuk. Tapi hati-hati memilih obat batuk, karena ada dua jenis obat batuk. Pertama expectorant yaitu obat batuk yang bekerja untuk mengurangi dahak, yang Kedua cough suppressant yaitu obat batuk yang bekerja memblok refleks batuk sehingga dapat mengurangi batuk. Jadi bacalah label kemasan dengan cermat, agar tidak salah memilih obat batuk yang sesuai dengan indikasi dan gejala.


Perhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur juga dapat mempengaruhi batuk. Saat tidur terlentang, lendir yang tertelan pada saat siang hari akan naik kembali ke tenggorokan dan membuat iritasi pada saluran napas atas, sehingga memicu batuk. Jadi usahakan posisi tidur yang lebih baik adalah baik dada keatas lebih tinggi dari pada bagian bawah.


Siapkan Obat Sebelum Tidur

Sebelum beranjak tidur, sebaiknya Anda menyiapkan segelas air dan obat batuk di samping tempat tidur Anda. Jadi pada saat terbangun karena batuk Anda bisa langsung meminumnya, semakin cepat Anda mengobati batuk, itu semakin baik.


Bersihkan Tempat Tidur

Membersihkan tempat tidur dari zat-zat yang mampu memicu alergi dan membuat iritasi pada saluran napas, seperti debu, kotoran, bulu binatang dan lain-lain, juga dapat mencegah batuk datang. Sehingga tidur Anda terhindar dari gangguan batuk.

Demikianlah beberapa Cara Meredakan Batuk di Malam Hari. Semoga bermanfaat dan Anda bisa meredakan batuk dengan cepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meredakan Batuk di Malam Hari"

Post a Comment