Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur

katashare.com -Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur - Semua ibu hamil pasti sangat mengharapkan bayi yang akan dilahirkan nantinya dalam keadaan sehat dan juga dalam keadaan normal, juga para ibu sangat tidak mengharapkan jika nantinya bayi lahir prematur atau yang biasa disebut dengan lahir sebelum waktu yang seharusnya atau usia kelahiran kurang dari 37 minggu atau kurang dari 9 bulan. Bayi prematur rata-rata memiliki berat badan yang kurang dan tentunya dapat membuat bayi lebih rentang terhadap penyakit. Salah satu penyebab bayi lahir prematur yaitu kurangnya nutrisi dan vitamin pada ibu hamil. Tentu karena ibu kurang nutrisi dan vitamin bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Lantas bagaimana cara mengatasi atau mencegah bayi lahir prematur?. Simak beberapa Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur :

Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur


Mencegah Bayi Lahir Prematur

1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi
Untuk para ibu hamil sangat dianjurkan memenuhi asupan nutrisi, karena nutrisi tersebut sangat berguna bagi janin yang anda kandung. Anda bisa mendpatkan asupan nutrisi yang cukup dari makanan yang anda konsumsi. Beberapa nutrisi yang baik untuk ibu hamil yaitu asam folat. Asam folat sangat berperan penting dalam perkembangan janin dan dapat mencegah terjadinya kelainan seperti cacat saat lahir.   

2. Menjaga Berat Badan Ideal
Seorang ibu yang sudah memasuki masa kehamilan sudah pasti berat badan akan bertambah karena janin mengalami pertumbuhan dan juga bisa karena pengaruh hormon kehamilan. Dampak buruk kesehatan bayi dan kehamilan ibu juga terjadi jika seorang ibu terlalu kurus dan terlalu gemuk. Maka dari itu ibu hamil juga tetap menjaga berat badan ideal agar jauh dari hal-hal yang tidak dinginkan seperti kelahiran prematur atau juga keguguran.

3. Minumlah Air Putih
Air putih sangat berguna bagi tubuh terutama ibu hamil dianjurkan meminum air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Jika ibu hamil mengalami dehidrasi maka bisa saja memicu kelahiran prematur. Dianjurkan untuk minum 2 liter air putih atau 8 gelas per hari.

4. Jauhi Kebiasaan Buruk
Jika sebelum masa kehamilan ada hal-hal buruk sperti merokok ataupun minum alkohol maka hidari. Karena tidak hanya pria saja yang sering melakukan hal buruk tersebut, di jaman sekarang juga banyak wanita yang gemar melakukan hal-hal tersebut. Bahkan bukan hanya untuk di jauhi tetapi harus dihilangkan dari kebiasaan karena selain berdampak bagi tubuh anda juga dapat memicu terjadinya kelahiran prematur.

5. Lakukanlah Pemeriksaan Secara Rutin
Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dalam setiap bulannya. Pemeriksaan secara rutin dapat memberikan iformasi pertumbuhan janin untuk dapat meminimalisir berbagai resiko kehamilan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur"

Post a Comment