5 Persiapan Sebelum Melakukan Pernikahan

Katashare.com - Pernikahan adalah pengikat janji suci yang dilaksanakan oleh dua orang untuk meresmikan perkawinan secara norma agama, hukum dan sosial. Manfaat menikah sendiri adalah agar terhindar dari perbuatan zinah baik zinah tubuh, mata dan lainya. Pernikahan adalah hal yang serius dan bukan permainan karena pernikahan sebaiknya dilakukan sekali saja kecuali ada alasan alasan tertentu.

Pernikahan memang tidak harus melakukan pesta yang besar dan tidak ada kaitanya sama sekali. walaupun keadaan ekonomi yang kurang pernikahan yang mempersatukan 2 insan tetap bisa dilakukan dengan hikmah. Melakukan pernikahan pun ada persiapan persiapan yang harus dilakukan berikut adalah 5 Persiapan Sebelum Melakukan Pernikahan.

5 Persiapan Sebelum Melakukan Pernikahan


1. Persiapan Mental
Melakukan persiapan mental adalah hal yang wajib ada pada diri anda. Berfikirlah selalu dalam kepositifan dan yakin bahwa tuhan akan selalu memberikan kemudahan dalam acara yang hanya dilakukan sekali dalam hidup walaupun memang bisa jsaja bisa dilakukan lebih dari sekali.

2. Kepercayaan
Kepercayaan dalam melakukan pernikahan antara kamu dan calon kamu adalah hal penting. Sebaiknya anda harus percaya dengan pasangan dan juga harus menjaga hati pasangan anda. yakinlah bahwa dia adalah jodoh anda.

3. Bicarakan Antar Keluarga
Ketika akan melakukan pernikahan mungkin tidak bisa hanya dibicarakan hanya keluarga sepihak saja. maka harus dilakukan antar keluarga baik dari mempelai laki-laki dan perempuan. anda bisa membicarakan apa yang ingin anda utarakan karena dengan begini akan semakin lega.

4. Tentukan Lokasi dan Waktu
Melakukan persiapan sebelumnya sekitar 2-3 bulan adalah hal yang harus dilakukan. Menyiapkan lokasi dan waktu pernikahan adalah hal yang sebaiknya didiskusikan dengan baik. jika anda memiliki kemampuan finansial yang cukup bisa melakukan sewa aula atau gedung. tetapi bisa juga dilakukan di rumah mempelai wanita atau pria.

5. Buat list teman, kerabat dan saudara yang akan diundang
Saat akan melakukan pernikahan buatlah daftar teman saudara dan kerabat dekat maupun yang anda kenal. untuk tidak terjadi masalah yang membuat malu sebaiknya mengundang sesuai dengan budget anggaran catering untuk menghindari kehabisan makanan.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "5 Persiapan Sebelum Melakukan Pernikahan"

  1. Informasi ini pas banget di baca oleh sahabat yang belum menikah (atau yang ingin menikah untuk kedua kalinya hehehe) apa saja yang harus dipersiapkan oleh pasangan sebelum mereka menikah.

    Kalau saya lihat diatas, ternyata biaya tidak termasuk hal yang harus dipersiapkan saat akan menikah. Yang paling penting adalah kesiapan mental dan tanggung jawab (khusus nya bagi calon mempelai pria) bahwa dia nanti dituntut harus bisa menghidupi pasangan nya hehehe. Terima kasih atas informasinya dan salam kenal buat Mas Arif Maulana. :D

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak untuk informasinya mas, cocok banget nih bagi yang ingin menikah tentunya harus punya persiapan yang matang dan bisa melihat beberapa kategori diatas, kunbal dari materi tkj dan belajar komputer,
    mampir juga ya ke : www.volimaniak.com
    Blog sudah di follow back, terimakasih

    ReplyDelete
  3. yang penting dana ya mas dipersiapkan :D

    ReplyDelete
  4. saya tertarik dengan persiapan mental dan kepercayaan sebelum melakukan pernikahan. dua hal tersebut sering dianggap sepele dan dilupakan orang. padahal mental yang kuat dan kepercayaan yang kokoh adalah tonggak kuatnya sebuah rumah tangga.

    ReplyDelete
  5. Pernikahan memang butuh banyak persiapan, karena kalo tidak pernikahannya tidak akan berjalan lancar.
    Lebih baik langsung menikah daripada harus menunggu-nunggu nanti bisa bertambah dosa, Tapi kalau belum ada persiapan, ya gak usah.

    ReplyDelete
  6. Persiapan lahir batin pokoknya harus lengkap.

    ReplyDelete