Cara tradisional mengobati radang tenggorokan

Katashare.com : Cara mengatasi radang tenggotokan secara tradisional memang salah satu cara yang juga dapat digunakan dan di terapkan untuk melaakukan penyembuhan pada tenggorokanya yang sedang mengalami radang. Penyakit yang termasuk kedalam masalah pernapasan ini merupakan penyakit yang di akibatkan adanya bakteri yang meyebabkan rasa sakit. 

Cara tradisional mengobati radang tenggorokan
Cara tradisional mengobati radang tenggorokan


Ada beberapa penyebab radang tenggorokan yang sering dialami salah satunya karena ada bakteri yang dinamakan Streptococcus Pyogenes yang dikenal juga sebagai kelompok streptokokus A. Bakteri semacam ini mudah sekali menular dari berbagai cara Misalnya : Melalu udara ketika :
  • Penderita mengalami batuk dan bersin
Selain melalui udara terkadang juga bisa menular melalui makanan atau minuman  atau benda yang memang sudah terinfeksi dengan virus atau bakteri yang dimaksud.

Gejala radang tenggorokan
Hati hati jika anda mulai mengalami gejala di bawah ini karena bisa saja anda akan terkena radan tenggorokan. diantaranya yaitu :
  1. Rasa sakit pada tenggorokan
  2. Perubahan amandel yang menjadi bengkan dan bewarna merah
  3. Pada bagian atap mulut terdapat bintik mereh pada bagian belakangnya
  4. Badan terasa lelah
  5. Mengalami sakit kepala
  6. pada sendi mengalami nyeri dan bengkak
  7. Muntah disertai perut yang terasa sakit
  8. Ruam
Ketika mengalami gejala diatas anda bisa gunakan cara cara tradisional untuk mencegahnya dan bila sudah terlanjur terjadi coba anda obati dengan cara tradisional berikut ini :
  
1. Teh jahe
Menggunakan teh jahe merupakan salahsatu cara yang dapat di gunakan untuk engobati radang tenggorokan yang anda alami. untuk caranya cukup mudah.

Siapkan jahe kurang lebih satu potong inci lalu rebus selama 2-5 menit setelah itu campurkan dengan teh yang sudah disediakan.  Namun sebelum di rebus jahe tadi sebaiknya di memarkan terlebih dahulu (ditumbuk).

2. Daun Kemangi
Daun kemangi yang selama ini kita kenal mungkin kita berfikiran hanya untuk lalaban saja dimana fungsinya membuat bau badan berkurang tetapi daun kemangi nyatanya memiliki fungsilain yang tidak kalah penting.

Daun ini dapat membantu anda mengobati radang tenggorokan yang sedang dialami. Cara proses pembuatan obatnya cukup mudah anda cukup merebus daun kemangi hingga mendidih yang telah di cuci lalu minum airnya jika tidak bisa juga dengan berkumur kumur.

3. Madu dan Lemon
Madu dan lemon merupakan kombinasi yang cocok untuk meredakan tenggorokan yang sedang mengalami sakit akibat radang. Untuk membuat ramuanya cukup mencampur masing masing satu sedok makan madu dan lemon dengan air hangat.

Tetapi jika lemon tidak ada anda bisa menggunakan alternatiflain dengaan hanya meminum madu sebanyak satu sendok makan tanpa di campur air hangat. madu dipercara sangat evektif karena mengandung antibiotik. Jangan berikan pada anak usia kurang dari 2 tahun.

4. Menghirup Uap panas
Cara yang sudah lama digunakan atau pada jaman kuno mungkin sudah digunakan yaitu dengan menghirup uap air panas. 

Cara untuk mengobatinya adalah dengan menyiapkan panci yang di berikan air panas lalu masukkan kepala anda (jangan samapai terkena air) hirup udara melalui hidung dan mulut. untuk mencegah uap keluar lebih banyak tutupi kepala dengan handuk.

5. Minum jus lemon tanpa gula
Menggunakan lemon tanpa gula juga dapat mengurangi serta mengobati ketika terjadinya radang. Penggunaanya sebagai obat cukup mudah yaitu  peras lemon dingga menjadi 2 sendok makan campurkan kedalam gelas yang berisi air hangat. 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sebaiknya minum obat tradisional ini 2 sampai 3 kali dalam sehari.

6. Jus buah Belimbing
Untuk mengobati tenggorokan yang mengalami radang anda bisa menggunakan buah yang memiliki anti radang satu ini yaitu  buah belimbing.  Ambilah buah belimbing sebanyak 100gram yang manis lalu di buat jus dan diminum.

7. Konsumsi sup
Tidak mudah memang untuk memakan makanan yang keras dimana kita hatus megunyah dan memakan ketika mengalami radang ini akan menimbulan rasa sakit sehingga anda bisa memakan sup ayam yang sedikit mudah menelanya. buatlah sup ayam yang agak asam Itu tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan Anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.   

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara tradisional mengobati radang tenggorokan"