Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Katashare.com - Berenang merupakan olahraga yang dilakukan di dalam air dengan berbagai posisi dan gaya. Apapun jenis posisi pasti memiliki manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bahkan ada jenis penyakit yang dapat sembuh dengan olahraga berenang (Terapi). Bagi anda yang sering melakukan kegiatan olahraga ini beruntung, karena memiliki manfaat besar Seperti yang di kutip dari menshealth.co.id berikut adalah Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh.

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

1. Membentuk dan Menguatkan Otot
Kepadatan di dalam air akan lebih besar di bandingkan di udara. Sehingga hal ini dapat membentuk dan menguatkan otot anda. Akan lebih baik jika melakukan renang dengan ritme yang lebih cepat dan gerakan yang teratur. Dengan begitu Ketahanan kardio, kekuatan, dan ketahanan otot anda akan meningkat.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Ingin jantung sehat ? selain dengan menjakani hidup dan pola makan sehat dengan berenang juga mampu meningkatkan kesehatan otot anda. Karena dengan berenang Jantung akan lebih lancar memompa daraj ke seluruh bagian tubuh.

3. Membakar Kalori
Dengan berenang secara rutin setidaknya 30 menit anda telah membakar 200-300 kalori. Untuk membakar kalori sebanyak itu anda tidak bisa sembarangan melakukan taktik renang. Anda bisa mencoba berenang sekuat tenaga sejauh 50 Meter dengan kekuatan penuh dan berhenti sejenak 10 detik lalu ulangi lagi dengan rute yang lebih panjang 100 Meter dan seterusnya.

4. Mencegah Stres Dan Depresi
Ketika kita melakukan olahraga renang  terjadi peregangan dan relaksasi otot-otot yang disertai dengan teknik pernapasan yang teratur. dan itulah yang dapat mencegah seseorang dari stres dan depresi.

5. Minim Resiko Cidera
Saat berada di dalam air tubuh akan berkurang beratnya yaitu sekitar 50% dari berat tubuh. Jelas hal ini berbeda ketika kita berada di daratan. Hal ini ternyata membuat anda minim dari resiko cidera jika dilakukan dengan benar.  

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. reneng sangat menyehatkan, saya paling bisa gaya batu..nyemplung langsung tenggelam :)

    ReplyDelete
  2. Salam Malam Mas Arif, wahhh asyik nih berenang saya suka sekali hampir tiap minggu saya ajak anak anak berenang nih Mas Arif... salam ceria ya Mas :)

    ReplyDelete
  3. Kalau mau berenang, enaknya setelah habis hujan, airnya segar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger dong. Kalau dingin tergantung daerahnya. Kalau daerahnya dingin yah dingin.

      Delete
    2. kalo daerahnya anget tetep aja dingin gan haha :v

      Delete
  4. Selain sambil bersenang senang ternyata Berenang bisa buat kesehatan ya Mas Arif, jadi seneng deh jika berenang bareng Keluarga ya Mas Arif :)

    ReplyDelete
  5. Biasanya sih aku kalau renang itu buat ngilangin stres dan memenuhin hobi juga hihi

    ReplyDelete
  6. aku nggak bisa berenang, mesti kalo berenang bawaannya kelelep hehehe

    ReplyDelete
  7. wahh ternyata renang ini selain mengasyikan banyak juga manfaatnya yah hmmm keren nih gan infonyaa :)

    ReplyDelete