Cara Agar Shalat Kita Menjadi Khusyu

Katashare.com - Sebagai Umat muslim Melaksanakan solat adalah suatu kewajiban yang harus di laksanakan sebanyak 5 waktu dalam 24jam yaitu solat Asar, isya, Subuh, Zuhur dan juga solat Magrib. Umat islam yang baik pasti melaksanakan perintah Allah SWT. Jabatan apapun yang dimilikinya anda harus melaksanakan kewajiban ini.

Tidak semua orang Bisa melaksanakan solat dengan khusyu karena itulah kita harus mempelajarinya bagaimana solat dengan khusyu karena salah satu hal yang ada pada solat adalah kehusyuan kita. bagaimana kita bisa berserah diri ke pada allah swt. Berikut adalah Cara Agar Shalat Kita Menjadi Khusyu.

\Cara Agar Shalat Kita Menjadi Khusyu


1. Pusatkan Pikiran Hanya Kepada Allah SWT
Ketika kita melaksanakan solat sebisanya anda harus menetralkan pikiran dari duniawi seperti Harta, tahta, jabatan, wanita, pria, Keluarga, Fokuslah kepada Allah swt. Karena dengan begini kita akan mendadi lebih khusyu.

2. Sadar Bahwa kita Menghadap Tuhan
Ketika ingin solat yang lebih khusyu anda harus menyadari bahwa anda sedang menghadapi Sesuatu yang begitu besar (Allah SWT) sesuatu yang lebih besar dan lebih berkuasa dari preman kampung, Presiden, lurah camat, RT/RW kepala desa.

3. Memahami arti Bacaan Solat
Mencoba untuk memahami arti dari bacaan solat akan membuat anda lebih khusyu ketika solat, Munculkan arti dalam hati ketika membaca doa solat.

4. Anggap itu Adalah Solat Terakhir
Ketika anda solat coba bayangkan itu adalah solat terakhir anda karena manusia memang tidak tahu kapan hari kiamat itu tiba atau kapan anda meninggal dengan begitu kita akan lebih serius dan khusyu dalam solat. Tidaka da seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi pada mas depat atau satu detik yang akan datang.

5.  Jika pikiran terganggu segera konsentrasi
Ketika solat memang banyak sekali godaan dari setan setan. Ketika anda mengalami ini cobalah tersadar dan kembali mengingat allah. Cobalah memahami kembali Arti dari bacaan solat.

6. Memperhatikan kondisi Lingkungan sebelum solat
Ketika anda akan solat cobalah perhatika slingkungan sekitar anda. Pastikan tempat anda melakukan gerakan solat terasa nyaman, Terhindar dari anak anak, jauh dari tempat perzinahan dan lain lain.

7. Perhatikan kondisi tubuh
Ketika akan solat anda harus bisa memastikan kondisi tubuh yang memang benar benar sudah siap , Sudah bersih, Keadaany sudah nyaman, Sudah bersih dari hadas kecil dan besar.

8. Tepat waktu dan tidak terburu buru
Ketika ingin menjadikan solat yang lebih baik dan khusyu anda harus bisa solat pada waktunya dan tidak terburu buru bagi laki laki alangkahbaiknya solat berjamaah di masjid datang saat adzan dan solat sebelum iqomah.

9. Semata-mata karena Allah
Ketika anda solat cobalah untuk berfikiran semata-mata memang karena allah. jangan semata mata solat karena ikut-ikutan, ingin pamer, Karena ada orang, karena di suruh cobalah solat karena hati dan niat karena allah. 

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara Agar Shalat Kita Menjadi Khusyu"

  1. Kalau saya sedang solat malah suka keingetan kemana - mana mas :)

    ReplyDelete
  2. wah postinganya super sekali, mantap mas

    ReplyDelete
  3. Cra nya sangat bermanfaat sekali nih Mas Arif. saya sampai saat ini masih ters belajar agar Ibadah Sholat saya bisa Khusyu Mas

    ReplyDelete
  4. penderahan yang sangat penting soal shalat khusyu mah, saya pernah baca buku juga miliknya abu sangkan soal sholat khusyu ini, emang keren sih

    ReplyDelete
  5. Nah tips ini saya suka mas arif, aku kalau shalat malah bisa bikin artikel, tapi kalau lagi biasa malah susah hehe..

    ReplyDelete
  6. wahh alhamdullilah dapet penerangan yang sangat bermanfaat sekali disini makasii yaa:)

    ReplyDelete
  7. susah memang kalo mau sholat yang khusu' itu gmn? meskipun sudah mencoba untuk khusyu, tetap aja pikiran terbang kemana2. nanti tipsnya tak coba dulu mas..siapa tahu bisa khusyu. :)

    ReplyDelete
  8. Astagfirulloh terkadang jika melakukan sholat itu tidak khusyu karena adanya pikiran yang ada dalam kepala aku :(

    ReplyDelete