7 Cara Hilangkan Kantuk saat Jam Kerja

Katashare.com - Mengantuka adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Mengantuk adalah indikator alamiah dari tubuh agar kita beristirahat. Rasa kantuk dipengaruhi banyak faktor misalnya saja kelelahan, jam istirahat yang kuarang atau makan makanan yang menimbulkan efek ngantuk. 

Semua hal tersebut menimbulkan rasa kantuk yang obatnya tentu saja tidur. Namun bagai mana jika rasa ngntuk hadir dalam keadaan yang tidak tepat. Mengantuk yang datangnya tidak bisa kita prediksi kadang bisa saja hadir dalam keadaan disaat kita beraktifitas. Misalnya saja sedang bekerja, mengendarai kendaraan mormotor, atau sedang mengajar atau sekolah/kuliah. Pasti Anda pernah merasakan ngantuk di salah satu kondisi tersebut. 

Katashare.com _ 7 Cara Hilangkan Kantuk saat Jam Kerja

Lalu bagaimana kita menghilangkan rasa ngantuk tersebut agar pekerjaan dan aktifitas kita tidak terbengkalai. Berikut beberapa cara yang bisa anda coba:

1. Mengkonsumsi Kafein
Hal yang sudah biasa dilakukan oelah banyak orang adalah mengkonsumsi kafein. Sumeber kefein sendiri banyak macamnya. salah satunya adalah kopi. Kopi memang pas buat anda yang tidak mau terditur saat jam kerja atau balajar. Namun konsumsi kafeein sendiri tidak baik jika berlebihan. Jika berebihan maka anda akan merasakan isomnia (susah tidur).

2. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik mungkin bisa menjadi solusi jika anda tidak mau minum kopi. Namun pemilihan genre musik sangatlah penting agar anda tidak mengantuk. Pilihlah lagu yang anda sukai dan apabila anda mendengarnya anda menjadi semangat bukan justru membosankan. Pilih genre musik yang agak cepat jangan pilih musil yang memiliki ritme slow. Jika anda salah pilih genre dan judul musik maka anda tidak akan mampu mengusir rasa kantuk anda malah justru sebaliknya, anda akan cepat tertidur karena musik tersebut.

3. Bergerak
Mungkin anda adalah salah satu yang banyak beraktifitas dengan cara duduk dengan waktu yang lama. Salah satu mengusir rasa kantuk jika anda dipekerjaan ini, maka cobalah untuk sejenak menggerakkan tubuh anda. berdiri lalu akukan gerakan-gerakan yang membuat badan anda fresh dan kembali semangat untuk menlanjutkan aktifitas anda.

4. Mengemil
Bagi anda yang ingin mengusir rasa kantuk mungkin anda bisa mengemil disela-sela kejaan anda. Pemilihan menu cemilan direkomendasikan untuk yang memiliki rasa pedas. Rasa pedas pada cemilan adalah salah satu cara menghilangkan rasa kantuk anda jika hadir pada waktu yang tidak tepat.

5. Olah Raga
Kadang banyak dari kita yang malas untuk berolah raga. Jika anda sering merasa ngantuk saat jam kerja, mungkin saja salah satunya adalah kurangnya berolah raga. Pekerjaan atau katifitas yang anda alakukan lebih sering duduk tanpa dan jarang mengeluarkan keringat membuat sistem metabolisme tubuh anda tidak lancar. Maka sebiknya anda rajin berolah raga agar tubuh anda tetap bugar. Luangkan 5-10 menit sehari untuk berolah raga ringan misalnya saja senam atau jika tidak bisa maka paling tidak waktu weekend anda gunakan untuk berolah raga.

6. Tidur Yang Cukup
Tidur yang cukup adalah keharusan setiap orang agar tetap sehat. Tidup yang cukup dan berkualitas (nyenyak) merupakan cara yang paling tepat agar pada saat beraktifitas anda tidak mengantuk. Jangan sering begadang tapa alasan yang bermanfaat yang membuat anda mendapati masalah yakni rasa ngatuk saat berkatifitas diesok harinya.

7. Desain Interior dan Sistem Kerja
Kebanyakan Desain interior ruang kerja atau belajar diabaikan oleh para pemilik atau intansi. Namun nyatanya desain interior ruang dan sistem kerja juga sangat menentukan mood dan semangat kerja. Jika anda adalah orang yang memiliki pekerja maka buatlah desain interior ruang serta sistem kerja yang nyaman dan menimbulkan efek semangat. Sesekali rubah posisi tempat duduk atau tambahkan interior baru agar suasana tidak terkesan monoton. 

Itulah 7 Cara Jitu Hilangkan Kantuk saat Jam Kerja yang dapat anda coba. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengusir kantuk anda. 

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "7 Cara Hilangkan Kantuk saat Jam Kerja"

  1. klo ttp ngantu juga ,,, obatny ya tidur dlu biar ngantuknya ilang ,,,hhe

    ReplyDelete
  2. meski udah minum kopi tapi kalau kurang tidur saya tetep ngantuk tuh mas, jadi yang pas buat saya nih tidur yang cukup deh

    ReplyDelete
  3. bahaya sekali ya mas rasa kantuk itu jika sudah datang, apalagi saat dalam perjalanan :D

    ReplyDelete
  4. @ibrahim > iya pak, lebih baik sejenak berhenti untuk beristrahat untuk menghilangkan ngantuk biar perjalanan aman dan selamat sampai tujuan.

    ReplyDelete