5 Karya Arsitektur Kuno yang Menakjubkan dan Fenomenal

Katashare.com - Salah satu perkembangan zaman ditengarai dari banyak aspek perubahan. Inovasi dan kreasi yang menjawab tantangan zaman dan persoalan yang terjadi menjadi salah satu wilayah atau negara dapat berkembang. Begitu juga ketika menilik masa lampau diperadaban masa kuno. Perkembang dapat dilihat dari artefak-artefak dari peradaban masa kuno yang saat ini masih dapat kita temui. Salah satu artefak yang mudah kita temui dan jelas terlihat adalah peninggalan bangunan dan kota-kota tua yang sudah ada di zaman kuno. Pembangunan artefak tersebut tentu adalah hasil dari ilmu arsitektur yang berkembang saat ini.

 5 Karya Arsitektur Kono yang Menakjubkan dan  Fenomenal

Namun kalau kita menilik beberapa peninggalan bangunan bersejarah produk arsitektur masa kuno. Tentu kita tahu corak dan rekonstruksi nya akan sanagt sederhana. Namun Tahukah anda ada beberapa peninggalan karya Asitektur zaman masa kuno ternyata memiliki kontruksi yang canggih dan menakjubkan ketika kita tahu pada masa tersebut masih terbilang kuno.

Berikut beberapa karya masa kuno yang fenomenal dan menakjubkan.

1. Kincir Angin

Karya Arsitektur Kuno Yang Fenomenal dan Menkjubkan yang pertama adalah kincir angin. Anda mungkin tahu negara belanda, dimana banyak terdapat kincir angin yang beroprasi sebagai pembangkit tenaga listrik. 


namun tahukah anda pembuatan kincir angin sudah dilakukan semenjak 3000 tahun yang lalu. Walaupun kincir angin tersebut memliki kontruksi yang sederhana namun kincir angin sanagt terkenal kepelosok dunia. Dahulu kincir angun dibuat duntuk menggerakkan alat menggiling gandum dan mengalirkan air ke perkebunan.

2. Menara Angin Persia

Karya Arsitektur Kuno Yang Fenomenal dan Menakjubkan Selanjutnya adalah sistem sirkulasi atau pentilasi udara yang berupa menara angin di persia. Persia sejak 2000 tahun yang lalu dibuat sebuah sirkulasi udara rumah yang berbentuk menara dengan kontruksi yang sanagt rumit. Hal tersebut dikarenakan cuaca, suhu dan angin yang ada di daerah persia.


Kalau Melihat dari desainnya maka terlihat sanagt menakjubkan sehingga karya tersebut sekarang menadi karya yang fenomenal yang hanya bisa di tandingi dengan teknologi modern saja.

3. Saluran Air Grafitasi Romawi

Karya Arsitektur Kuno Yang Fenomenal dan Menakjubkan Selanjutnya adalah Saluran Air Grafitasi Romawi. Romawi meng terkenal diberbagai aspek dimasa kuno. Kekuatan pasukan tentaranya, para kaum cendikiawan, filosof dan tek ketinggalan juga arsitektur perancang kota roma. Salah satu bukti arsitektur romawi begitu terkenal adalah adanya bangunan berupa saluran air yang menggunakan grafitasi bumi. 


Jika kita melihat perdabaan masa tersebut maka karya arsitektur yang mengguakan grafitasi bumi untuk mengaliri air ke seluruh romawi dan aliran trsebut juga dapat menggerakkan kincir unutuk menumbuk dan menggerakkan mesin produksi lainnya.

4. Pemanfaatan Energi Surya

Karya Arsitektur Kuno Yang Fenomenal dan Menakjubkan Selanjutnya adalah Pemanfaatan Energi Surya. Yunani membuat inovasi arsitektur kuno yang menakjubkan yaitu Pemanfaatan Energi Surya yang digunakan sebagai cadangan energi panas ketika musim dingin tiba. 


Hal ini dilakukan dengan sederhana, mereka membuat rumah dan bangunan menghadap arah matahari sehingga sinar matahari dapat masuk dan menghangatkan rumah mereka di malam harinya.

5. Saluran Bawah Tanah

Yerusalem adalah negara yang selanjutnya dalam inovasi arsitektur luar biasa di masa kuno. Yerusalem adalah daerah dataran tinggi. Alhasil masalh yang menjadi persoalanya bersar yakni kesediaan air didaerah tersebut. 


Untuk menyelesaikan malah tersebut, yerusalem membuat gebrakan luar biasa dengan membuat Saluran Bawah Tanah untuk mencari sumber air. Sumber air yang saat ini dimiliki yerusalem dapat memenuhi kebutuhan air kota tersebut dan tidak habis meski sudah berumur puluhan tahun.

Itulah 5 Artefak Arsitektur yang menakjubkan serta fenomenal hingga saat ini. Semoga menambah wawasan kita dan memotivasi bangsa ini untuk melakukan locatan-loncatan inovasi yang kelak dikenang sampai dunia ini.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " 5 Karya Arsitektur Kuno yang Menakjubkan dan Fenomenal"