Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Katashare.con: Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa - Bulan puasa atau ramadhan adalah bulan yang di tunggu-tunggu terutama oleh umat islam. Bulan ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan semua umat islam berlomba-lomba berbuat kebaikan serta meningkatkan keimanan serta ketakwaan mereka.

Puasa merupakan aktivitas utama yang dilakukan dalam bulan ramadhan yang dilakukan mulai fajar sampai senja. Berpuasa dapat mempengaruhi asupan nutrisi dalam tubuh hingga akan membuat tubuh menjadi lemas.

Puasa pada awalnya mungkin membuat anda tidak nyaman karena disini tubuh akan beradaptasi dimana makan hanya di lakukan saat sahur dan berbuka puasa saja.

Untuk menjaga kesehatan selama bulan ramadhan berikut adalah cara yang dapat anda lakukan agar badan tetap sehat dan bugar tanpa mengalami masalah.

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa



1. Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda

Hal yang harus anda hindari khususnya minuman saat berpuasa adalah minuman seperti teh, kopi dan minuman bersoda. Saat berbuka atau sahur sebaiknya mengurangi asupan diatas. Anda akan merasakan sakit kepala bila mengkonsumsi nya. Alternatif lain anda bisa perbanyak minum air putih.

2.  Kebiasaan makan sehat

Kebiasaan makan sehat yang di maksud adalah saat berbuka puasa sebaiknya anda perhatikan menu yang di konsumsi. Buah-buahan adalah menu tepat untuk berbuka puasa dan jangan memepet bangun saat sahur menuju imsak.

3. Cukup waktu tidur

Untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh, berpuasa tetap sehat dan segar anda bisa dengan mencukupi tidur anda. Tidur merupakan aktivitas penting pada malam hari.

4. Olahraga

Olahraga saat bulan puasa atau ramadhan juga penting untuk dilakukan. Manfaatnya sirkulasi oksigen akan lancar dalam tubuh. Anda bisa berjalan santau saat pagi hari setelah melaksanakan solat subuh.

5. Jangan Langsung berbuka dalam porsi besar

Mungkin anda harus membaca ini:

  1. kebiasaan yang membuat anda gagal
  2. Tips Memanfaatkan uang dengan baik

Anda bisa mencoba makan makanan yang ringan seperti sup atau kolak. Jika langsung melakukan makan dalam jumlah besar hal ini tidak baik untuk pencernaan tubuh.

6. Makan makanan baik

Makanan seperti yang mengandung vitamin dan karbohidrat sangat penting untuk di lakukan. Manfaatnya untuk membuat tubuh kuat dalam melaksanakan puasa dan tidak mengalami masalah kesehatan saat melaksanakanya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa"

  1. nah saya kebiasaan kalo buka puasa dulu suka ambil porsi banyak pas bres berbuka malah kekenyangan.hehe

    ReplyDelete